Kisah Inspiratif Ibu Rokayyah : Jeco Jelly the Coco

 

Ibu Rokayyah memiliki perjalanan inspiratif menuju kesuksesannya membangun usaha  minuman Jelly dari air kelapa. Ibu rumah tangga asal Kamal, Bangkalan Jawa Timur ini membuktikan tak ada yang tak mungkin dalam berusaha. Keteguhan tekad, optimisme, serta kerja keras dibarengi inovasi, menjadi kata kunci dalam meraih kesuksesan.

Kondisi ekonomi yang menurun membuat Ibu Rokayyah harus memutar otak memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Lalu ia memutuskan membuka usaha makanan. Awalnya Ibu Rokayyah mencoba peruntungan di dunia usaha dengan berjualan kerupuk, nugget, dan frozen food terbuat dari ikan lele. Namun usaha makanan tersebut belum membuahkan hasil maksimal lantaran pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia berpengaruh besar terhadap pejualan sehingga turun drastis. Hal itu membuat ibu Rokayyah kembali mencari ide dan gagasan untuk menemukan usaha yang bisa menghasilkan.

Dalam masa yang sulit tersebut, bahkan tamu yang datang ke rumah ia bigung untuk menyuguhinya. Akhirnya dengan uang yang pas-pasan berusaha agar mendapat makanan yang layak untuk disuguhkan.  Proses penemuan ide dan gagasan tidak sengaja disaat keadaan memaksa. Ia pergi ke pasar untuk mencari bahan yang murah sehingga bisa diolah kembali menjadi makanan yang dapat dinikmati. Akhirnya, ia melihat penjual buah kelapa tidak memanfaatkan air kelapa sehingga disimpan dalam botol minuman lalu membelinya dan dibawa ke rumah.

Memanfaatkan bahan murni dari alam yaitu air kelapa yang sederhana yang tidak terpakai dan dibuang oleh penjualnya. Namun oleh  ibu Rokayyah disulap menjadi minuman sehat dan menyegarkan. Bahan baku minuman dibuat dari air kelapa yang di tambah dengan bubuk jelly dan gula pasir. Kemudian dimasak diatas kompor dengan api sedang dan diaduk secara terus menerus. Percobaan dilakukan berkali-kali untuk menemukan resep yang pas.

Pada sekitar tahun 2023 ketika ada tamu datang ke rumah, hasil olahan air kelapa disuguhkan. Tanpa ragu tamu memuji minumakan tersebut karena terasa segar dan tidak membuat sakit tenggorokan. Disarankan kepada ibu Rokayyah untuk menjualkan produk minuman ini secara komersil. Tidak berhenti disana, ia mencoba untuk memberikan minuman kepada tetangga untuk dicoba dan meminta pertimbangan rasa. Hingga akhirnya dengan pencarian bahan baku dan tambahan serta kemsan yang di rasa cocok untuk produk dapat dipasarkan.

Bermodalkan relasi, ibu Rokayyah menjajakan minuman jelly buatannya untuk ditawarkan ke tetangga dan menitipkan ke toko sekitar rumah. Cita rasa yang enak, serta ditunjang promosi yang tepat, membuat minuman buatan Ibu Rokayyah menjadi incaran konsumen. Setiap harinya,minuman ini bisa dinikmati banyak orang tanpa khawatir dengan bahan  didalamnya karena sudah bersertifikat halal yang dibantu oleh kami tim Pendamping Produk Halal (PPH) dari Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Halal Center Universitas Trunojoyo Madura.

Saat ini usaha yang dijalankan Ibu Rokayyah dibantu oleh suaminya berharap produk Jeco minuman Jelly coco dapat dipasarkan lebih luas sehingga lebih banyak orang dapat menikmatinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukumnya Najis Petis Atau Terasi di Makan?

TAWA DAN LUKA